Senin, 06 Juni 2016

SOTO KUDUS (SOTO AYAM BENING)




Bismillah. 
Hari pertama di bulan Ramadhan. Semoga selalu di beri kesehatan dan kelancaran menjalankan ibadah puasa sampai hari kemenangan tiba. Amin. Mohon maaf lahir dan batin yaa temen-temen, selamat menjalankan ibadah puasa untuk yang menjalankan.
Di bulan Ramadhan suka bingung gak sih nentuin menu untuk sahur dan berbuka, kalau saya iyees. Sebenarnya sih kalau untuk saya dan suami menu seadanya saja  sudah cukup yang penting ada sayuran dan buah. Nah, karena kakak Kay ikut puasa juga jadi saya harus cari makanan yang bikin kakak napsu makan apalagi waktu sahur. Waduh... ini jadi pekerjaan rumah banget deh buat saya. Apalagi kakak lebih suka makan nasi garingan gitu aja tanpa sayuran berkuah, jadi saya mesti pinter-pinter nyelipin sayuran di lauk atau camilannya anak-anak.

Salah satu makanan yang jadi kesukaan anak-anak yaitu soto kudus ini. Soto ini jadi andalan buat saya, karena soto ini kuahnya bening dan tidak memakai santan, jadi anak-anak suka. Penyajian soto kudus biasanya menggunakan mangkok kecil, nasi sudah sekalian disusun di bagian bawah mangkuk baru diberi suwiran ayam, tauge atau kol dan disiram kuahnya. Ciri khas dari soto ini yaitu ada taburan bawang putih goreng dan kecap manis. Kalau buat saya perkedel kentang gak boleh ketinggalan, ini wajib ada kalau mau menikmati soto yang kuahnya bening. Jadi cara menikmatinya pekedel dihancurkan dalam mangkuk soto biarkan bercampur dengan kuahnya, jadi kuah tambah sedap dan gurih loh. Itu versi saya loh yaaa... kalau temen-temen punya cara lain menikmati soto yaa monggo, sesuaikan dengan selera aja yaa ;)

SOTO KUDUS

Bahan :
1/2 kg ayam bagian dada
1500 ml air
3 lembar daun salam
3cm ruas lengkuas, memarkan
2 batang serai,  memarkan
2 cm jahe,  memarkan
Garam dan gula pasir secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya (saya gak pake)
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus :
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
1/2 sdt merica

Bahan pelengkap :
Bawang putih goreng
Taoge rebus (saya pakai kol)
Perkedel kentang
Sambel rawit
Jeruk nipis
Kecap manis

Cara membuat :
- Didihkan air dalam panci untuk merebus ayam.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, sereh, dan jahe sampai harum.
-Tuang bumbu kedalam rebusan ayam . Tambahkan garam, gula pasir dan kaldu bubuk. Masak hingga ayam matang. Angkat.
- Goreng ayam sebentar sampai kulit kecoklatan lalu suwir-suwir daging nya. Bisa juga langsung disuwir tanpa digoreng dulu.
- Sajikan ayam suwir bersama pelengkap dengan siraman kuah soto.



0 komentar

Posting Komentar